Kamis, 27 Maret 2008

Tentang MIS........

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM


Teknik Industri merupakan mata pelajaran yang diarahkan untuk menjawab kebutuhan Industri Nasional akan ahli rekayasa industri (industrial engineer) yang memiliki kemampuan pada bidang proses produksi, produktivitas dan efisiensi. Ahli rekayasa industri diharapkan mampu mentransformasikan industri nasional yang masih berdasarkan kepada keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat indonesia. Industri Nasional yang dimaksud adalah mencakup industri jasa dan industri manufaktur.

Mata kuliah yang diajarkan dalam Teknik Industri Universitas Indonesia sebagai pembeda dari teknik industri lain adalah MIS, dengan pengajar M. Dachyar (latar belakang pendidikan, Ir, UI, MSc, VU Brussel, Belgia).

MIS merupakan salah satu mata kuliah penting yang menjadi ciri khas teknik industri universitas indonesia. Ini dapat ditunjukkan dengan sks yang tinggi dari mata kuliah dengan kode IES 31025, yaitu 3 sks.

Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat memahami peran sistem informasi manajemen dan teknologi informasi pada industri saat ini untuk menghadapi era globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari pelajaran dan tugas yang diberikan seperti, apa itu Sistem Informasi, Knowladge Management, EDI, E-Commerce, dan sistem data base (Microsoft Access).

Silabus untuk mata kuliah ini yaitu Pengantar Sistem Informasi Manajemen. MIS/IT sebagai keunggulan kompetitif. IT dan Electronic Commerce. Database dan database Manajemen. System Analysis dan Design. MIS dan hubungannya dengan RQM dan QS. CBIS – Accounting Information System. Decision Support System. Executive Information System. Marketing, Manufacturing Information System. Financial, Human Resource Information System.

Persyaratan : Praktikum Pemograman Komputer

Buku ajar :

1. McLeod, Management Information System, 10th edition, Prentice Hall, 2003

2. Lucas, Information Systems Cocepts for Management, McGrawHill, 1994 (referensi)

5 komentar:

Trisna Yuniarti mengatakan...

Kode mata kuliah ini sepertinya bukan IES 31025 tapi IEE41037E.

Khoiri mengatakan...

not bad juga or good job mungkin..

Novanda Astian mengatakan...

Boleh juga Pren...Luar biasa...
Boleh tau kah? belajar nulis kayak gitu gimana ya....?

neninadeak mengatakan...

Nice...its quite simple and clear

shandiz mengatakan...

hei kawan pa kabarnya????
gaya euy bujang satu ini..sukseslah kawan.klo dah sukses jangan lupa teman mu...hehehe.Sandi ECPOLBAN-01